Core Processor di Masa Depan
Ahli peneliti Intel mengungkapkan bahwa pengembang software perlu untuk mempertimbangkan perubahan kode-kode program untuk platform hardware yang mereka buat guna mempersiapkan core processor computer yang banyak.
Hasil penelitian trsebut merupakan penelitian dari Intel yang dipimpin oleh Anwar Ghuloum, seorang kepala engineer di Laboratorium Microprocessor Technology Intel. Ghuloum mengungkapkan bahwa dia sudah berbicara dengan para pengembang software untuk meningkatkan performance guna menyesuaikan dengan penambahan core processor di masa mendatang. Ghuloum menambahkan, akan muncul ratusan dan bahkan ribuan core processor yang didesain luar biasa.
Dalam program untuk memperbesar angka core processor, pengembang software perlu untuk melihat kembali board algoritma program. Pengembang juga harus mempertimbangkan bagian kode program mana saja yang dapat diubah, termasuk bahasa pemrograman, library, dan metodologi pembuatannya. Pada intinya, pengembang software harus memikirkan bagaimana mengembangkan algoritma yang sesuai dengan ratusan atau bahkan ribuan core yang akan datang.
Para pengembang setidaknya perlu bekerja dalam lingkungan computer performance tinggi, seperti pengembang yang bekerja di perusahaan minyak dan gas telah familiar dengan pengembangan core processor yang banyak. Selain itu, Intel yang juga berlaku sebagai pembuat chip telah mengembangkan sebuah bahasa pemrograman yang disebut Ct. Bahasa pemrograman Ct tersebut khusus dikembangkan untuk multicore computing.
Pengembang software dapat membuat aplikasi yang siap dijalankan di platform dari Intel atau AMD (Advanced Micro Devices), dengan bahasa Ct, yang merupakan ekstensi dari bahasa pemrograman C/C++. Bahasa Ct akan secara otomatis melakukan partisi untuk menjalankan program dalam core yang spesifik, seperti menulis hanya ke dalam computer single core. Pengembang software dapat menyerahkan masalah partisi ke compiler Ct dan menjalankan program secara parallel.
Compiler Ct yang dikembangkan oleh Intel akan memotong kode program untuk dijalankan di core yang terpisah berdasarkan tipe data dan operasional pengaturan data. Intel juga telah mengembangkan sebuah interface aplikasi program untuk compiler tersebut.